book

(Book Review) Almond by Sohn Won-Pyung

Seperti judulnya, kali ini aku akan membahas dan share pengalamanku selama membaca buku Almond yang ditulis oleh Sohn Won-Pyung. Awalnya aku tertarik untuk baca buku ini karena buku ini dibaca oleh salah satu member BTS. Tapi setelah baca bukunya, ternyata emang sebagus itu. :” )

Almond menceritakan mengenai Yunjae, seorang anak laki-laki yang terlahir dengan kondisi otak yang disebut dengan Alexitimia, di mana Alexitimia ini merupakan penyakit ketidakmampuan dalam mengungkapkan emosi dikarenakan amigdala yang nggak berkembang. Yunjae nggak mengenal emosi senang, sedih, perasaan iba atau pun takut, yang menyebabkan ia dikucilkan karena dianggap aneh dan dijuluki sebagai ‘monster’.

Namun dengan kondisi seperti itu, ia masih memiliki ibu dan nenek yang sangat menyayanginya. Ibu Yunjae nggak pernah merasa lelah mengajarkannya mengenai berbagai macam emosi yang dirasakan oleh manusia pada umumnya dan bagaimana ia seharusnya merespon saat berbicara dengan orang lain. Hingga pada suatu malam Natal di hari ulang tahunnya, terjadi sebuah insiden yang menyebabkan neneknya meninggal dunia, sedangkan ibunya terbaring koma dengan presentase kesembuhan yang rendah sehingga Yunjae terpaksa melanjutkan hidupnya seorang diri.

Walaupun dari sinopsisnya kedengaran sedih banget, tapi menurutku isi dari keseluruhan bukunya nggak melulu sedih kok. Ada beberapa bagian yang lucu dan yang pasti mengharukan.

Aku suka banget sama quote yang ditulis oleh Won-Pyung di catatan penulisnya,

“Aku berpikir bahwa cinta dapat mengubah seseorang menjadi manusia atau pun monster.”

Dari buku ini, aku sekali lagi belajar kalau sikap dan perlakuan kita terhadap orang lain juga dapat mempengaruhi pembentukan sifat dari orang tersebut. Istilah keren yang dulu sempat populer sih “Orang jahat adalah orang baik yang tersakiti” kayak di film Joker. Yah, walaupun kalimat itu nggak 100% benar, tapi nggak bisa dipungkiri kalau itu juga nggak sepenuhnya salah.

Overall, I think it’s a lovely book and would love to recommend you to read it if you need some heartwarming and lil bit emotional book to read.

3 thoughts on “(Book Review) Almond by Sohn Won-Pyung

  1. aku juga liat buku ini sempat heboh di twitter dan ternyata karena dibaca member BTS toh hahaha, ceritanya menarik juga, akan dimasukkan ke list yang harus dibaca!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s