thoughts

World Isn’t Only About Black and White

Sebenarnya aku nggak tahu sih apa judul yang pas buat artikel ini, karena rasanya pengen nulisin aja apa yang aku pikirkan belakangan ini.

Dulu tiap kali aku baca buku, hal pertama yang selalu aku pikirin dari deskripsi-deskripsi tokohnya adalah Si Ini tokoh yang baik dan Si Itu tokoh yang buruk. Namun seiring berjalannya cerita, kadang kala akan ada bagian saat Si Ini tiba-tiba menjadi menyebalkan dan aku akan berpikir, “Kok dia gitu sih? Kirain dia baik.”

Lalu saat terus melanjutkan membaca ceritanya dan Si Ini kembali melakukan hal yang baik, aku akan kembali berpikir, “Dia ini sebenernya baik atau jahat sih?” Seakan-akan seseorang hanya bisa dikategorikan menjadi dua hal, yang baik dan yang buruk.

Semakin aku dewasa, aku mulai menyadari kalau kita adalah perpaduan dari keduanya. Kedua sifat baik dan sifat buruk itu ada di dalam tubuh dan menyusun diri kita. Sifat-sifat itu akan bergantian muncul bergantung pada situasi yang kita hadapi dan bagaimana kita memilih untuk bersikap dalam situasi tersebut.

Penilaian mengenai yang mana yang baik dan mana yang buruk pun bisa menjadi lebih kompleks, tergantung dengan sudut pandang yang kita gunakan dalam memahami situasinya. Akhirnya aku memutuskan untuk berhenti mengategorikan seseorang sebagai Si Baik dan Si Buruk, baik itu tokoh di dalam buku ataupun seseorang di kehidupan nyata.

Aku ingat dulu pernah menulis di diary One Thing I Can Learn Today (dulu aku suka mencatat hal-hal yang bisa aku pelajari tiap harinya, yang sayangnya udah nggak pernah aku lanjutin) mengenai ‘Tidak Ada Manusia yang Sempurna’.

Saat itu aku menulis mengenai seorang influencer yang yah, selama ini aku cukup suka dengan apa yang dia bagikan di sosial medianya yang menurutku bermanfaat. Seringkali aku juga setuju dengan pemikiran-pemikirannya. Namun suatu hari, aku nggak setuju dengan apa yang dia sampaikan, dan ternyata banyak orang lain yang juga sependapat denganku.

Tiba-tiba komentar di sosial medianya dipenuhi dengan kritik dan hujatan dari orang-orang yang kontra dengannya. Seakan-akan mereka lupa kalau dia juga pernah menyampaikan hal-hal yang baik selama ini.

Saat itu aku kembali diingatkan kalau emang nggak ada manusia yang sempurna, nggak ada manusia yang seutuhnya baik dan seutuhnya jahat, termasuk artis, influencer, atau orang-orang terkenal lainnya. Kalau kita mengidolakan atau nge-fans sama seseorang, kita perlu ingat kalau mereka juga manusia, sama seperti kita.

Kalau memang ada hal baik yang bisa kita pelajari dari mereka, ya ambillah ilmunya. Tapi saat mereka berbuat kesalahan, aku rasa nggak perlu sampai ngehujat apalagi sampai menggunakan kata-kata yang kasar. Kalau mau ngasih kritik bisa dengan bahasa yang baik dan enak buat dibaca. Karena ya gimana, kita nggak bisa berekspektasi idola kita hidupnya pasti 100% baik, mereka bukan Malaikat ataupun Nabi.

Kalau mau membela juga ya yang masuk akal aja. Jangan sampai tutup mata dengan kesalahan yang telah idola kita perbuat, terutama kalau mereka memang patut mendapatkan hukuman yang setimpal dengan apa yang telah mereka lakukan.

Dunia ini memang dipenuhi dengan berbagai warna, nggak cuma tentang hitam dan putih aja.

3 thoughts on “World Isn’t Only About Black and White

  1. Belum lama ini aku mendapat pelajaran lewat salah satu video di yutub yang di dalamnya menjelaskan tentang hitam dan putih. Seperti dalam film, terkadang tokoh utama selalu digambarkan sebagai protagonis dan antagonis. Superhero dan villain. Hal-hal remeh semacam inipun secara nggak langsung membentuk pola pikir masyarakat bahwa sifat manusia harus mutlak salah satu dari keduanya, nggak bisa di antaranya. Padahal sebetulnya tokoh yang jahat ini nggak semata-mata jahat, tapi justru sedang berproses menjadi baik. Sebab tokoh yg baik pun pasti punya kelemahannya. Sesederhana itu ya manusia (seharusnya)🤧.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s