book

(Book Review) Atomic Habits by James Clear

Buku ini sebenarnya udah lama ada di-TBRku tapi baru kesampaian baca belakangan ini dan sekarang jadi salah satu buku non-fiksi favoritku.<3

Sesuai dengan judul bukunya, James Clear mengajarkan dan membuka mata kita bahwa dengan perubahan sangat kecil dalam membangun kebiasaan−yang sering kali disepelekan atau dianggap remeh, bisa terakumulasi menjadi jauh lebih besar dan dapat memberikan perubahan yang signifikan dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini mengingatkanku sama quote dari buku Maudy yang pernah aku baca:

“But big steps are only a combination of small little steps. Many days of delay will eventually lead to a big delay too.”

Aku suka banget bagaimana di dalam bukunya dijelaskan kalau kita nggak seharusnya terus berfokus dengan hasil yang ingin kita raih, melainkan berfokus pada kita ingin menjadi sosok yang seperti apa, karena dengan membentuk kebiasaan, secara nggak langsung kita juga membentuk identitas kita.

Tiba-tiba langsung refleksi diri, selama ini seperti apa identitas diriku dengan kebiasaan yang semrawut nggak jelas ini? :’ ) Dengan disadarkan kalau kebiasaan = identitas diri, rasanya jadi ada keinginan yang lebih kuat untuk mengubah kebiasaan dan membentuk identitas diri yang aku inginkan.

Nggak hanya membahas mengenai bagaimana cara yang optimal dalam membangun kebiasaan baik, namun Atomic Habits juga menjelaskan bagaimana cara agar kita dapat meninggalkan kebiasaan buruk kita melalui Empat Kaidah Perubahan Perilaku sebagai berikut.

Empat Kaidah Perubahan Perilaku Menurut James Clear

Tentunya aku nggak bisa menjelaskan semua hal dari tabel di atas karena bakalan panjaaang banget. Jadi silahkan kepoin langsung dengan baca bukunya ehehe…

Aku banyak banget belajar dan dapat insight baru dari buku ini. Menurutku penjelasannya mudah dipahami dan rasional untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari karena disertai dengan banyak contoh bagaimana teori yang disebutkan di dalam bukunya sudah ada atau pernah terjadi dalam kehidupan nyata.

Terutama di penghujung tahun seperti ini, biasanya kita lebih termotivasi dan memiliki banyak resolusi yang ingin dicapai di tahun berikutnya, aku rasa buku ini cocok banget buat dibaca untuk menambah ilmu supaya apa yang kita inginkan nggak cuma jadi omdo, tapi juga bener-bener bisa dilaksanakan dalam aksi nyata.

Overall, aku suka banget sama bukunya dan aku harap orang-orang yang mengalami kesulitan dalam membentuk atau mengubah kebiasaan hidupnya−seperti yang sering kali aku alami, juga bisa belajar dan terbantu dengan membaca buku ini.

“Ada orang yang menghabiskan seluruh hidup menunggu kapan waktu yang tepat untuk melakukan perubahan.”

quote yang menusuk. XD

“Kita semua berhadapan dengan kemunduran, tapi dalam jangka panjang kualitas hidup kita sering kali bergantung pada kualitas kebiasaan kita.”

3 thoughts on “(Book Review) Atomic Habits by James Clear

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s